Senin, 18 Mei 2015

Terumbu Karang Lepar Pongo


images (21)
Kabupaten Bangka Selatan banyak terdapat terumbu karang yang masih alami sehingga kaya akan berbagai jenis ikan, Kabupaten ini cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati kegiatan wisata bahari seperti selam dan memancing.
Terumbu karang ini berada di peraiaran Kecamatan Lepar Pongok. Lokasi Daerah ini dapat di tempuh sekitar 3 jam perjalanan laut dengan menggunakan kapal motor tradisional rakyat dari pelabuhan Sadai Kecamatan Toboali. Kegiatan inventarisasi potensi ikan karang dan kondisi terumbu karang di perairan laut lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan telah dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Oceanografi-LIPI pada bulan September dan Oktober 2005. Tujuan kegiatan yaitu mendapatkan informasi tentang ikan karang dan habitatnya untuk tujuan pengelolaan dengan sasaran diperolehnya data potensi.

Persentase tutupan karang di Pulau Salman lebih baik jika dibandingkan dengan lokasi lainnya. Dengan kondisi perairan yang jernih dan berarus, sengat memungkinkan untuk karang batu jenis acropora untuk tumbuh subur. Pada perairan Celagen tidak ditemukan Karang jenis acropora sp. Karang dari jenis acropora merupakan karang batu yang sangat sensitive dengan lingkungan. Artinya bila kondisi ini tidak mendukung maka akan sangat cepat mat. Pada perairan Salman , tutupan karang hidup sangat tinggi, Kondisi Seperti Ini cocok untuk dijadikan Dive Site dan tempat wisata kelautan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar