Jumat, 27 Maret 2015

Puncak Gunung Menumbing


Gunung Menumbing (355m) adalah gunung yang cukup tinggi di sekitar daerah Mentok (Barat Laut Bangka) berdiri sebagai memorial sejarah bangsa Indonesia. Penginapan yang dibagun di sini oleh Belanda tahun 1932 dahulu digunakan sebagai rumah mantan Presiden Indonesia Soekarno dan Wakil Presiden Hatta selama ditahan dari bulan Februari sampai Juli 1949.

 Soekarno adalah pemimpin perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan di masa penjajahan. Karena itulah Soekarno pernah ditahan dan sempat diasingkan ke berbagai daerah. Pengasingan ini dimaksudkan untuk memutuskan kontak Soekarno dengan dunia luar sehingga dapat melemahkan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan`

Untuk mencapai puncak, anda perlu menyewa mobil, karena hingga sekarang lokasi ini masih terpencil dan tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Terdapat sebuah pos keamanan tepat dibawah kaki bukit gunung Menumbing. Untuk memasuki area gunung Menumbing, anda akan dipungut biaya Rp. 30.000 per mobil yang bisa di bayar di pos tersebut.

 Ketika pertama kali tiba di puncak Menumbing, maka anda akan disambut ratusan anak tangga menuju ke wisma Menumbing. Tangga ini diapit oleh dua punuk tanah di kedua sisinya yang berwarna kehijauan karena ditumbuhi oleh rumput. Ada beberapa pohon kelapa yang nampak disisi tangga hingga ke bagian luar dari wisma Menumbing.

 Di Wisma Menumbing juga disimpan mobil berwarna hitam yang biasanya dikendarai oleh Soekarno pada saat pengasingan. Mobil tersebut bermerek Ford De Luxe, empat pintu, dan bermesin 8 silinder buatan tahun 1948. Mobil Ford tersebut mempunyai plat nomor BN 10. Plat nomor dengan awalan BN hingga kini masih digunakan untuk daerah Bangka.


Di masa lalu, mobil inilah yang digunakan oleh Soekarno untuk mengunjungi beberapa orang di kota Muntok dan kota lainnya di pulau Bangka. Sayangnya mobil ini sekarang hanya tinggal pajangan dan tidak bisa berjalan lagi. Karena mesin mobil tersebut sudah tidak ada lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar