Rabu, 25 Maret 2015

Bangka Botanical Garden (BBG)





Seperti yang kita ketahui, Alam Pulau Bangka sebagian rusak akibat pertambangan timah yang tak terkendali. Tapi pulau ini rupanya masih menyimpan ruang hijau untuk wisatawan yang ingin menghirup udara segar di Bangka Botanical Garden.

Dari atas pesawat, tampak wajah Pulau Bangka yang berlubang-lubang bekas galian timah. Namun, di balik itu semua masih ada kawasan elok yang dulunya merupakan lahan bekas tambang timah yang terbengkalai.

Kini, kawasan yang semula bagai tak bernyawa itu berubah menjadi tempat wisata yang setiap akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan. Tempat itu adalah Bangka Botanical Garden atau yang oleh masyarakat setempat karib disebut BBG saja.

Awalnya, mungkin Anda tidak percaya begitu saja bila BBG berdiri di atas lahan tak terurus yang tak sedap dipandang mata. Saya pun demikian. Namun kemudian pelan-pelan saya mulai memahaminya ketika berkunjung ke sana ternyata wahh luar biasa

Pada sebuah sisi yang menjadi kawasan pertama kali BBG dikembangkan, kita bisa  menyaksikan keindahan pohon cemara laut yang ditanam begitu rapi di kiri kanan jalan yang mengitari kolam-kolam ikan di tengahnya. Cantik bukan main. Sehingga maklum saja bila bagian ini menjadi primadona bagi sejumlah fotografer dan pasangan pengantin yang hendak menikah. Banyak di antara mereka yang mengambil foto pra nikah dengan latar pohon-pohon ini.

Di samping itu, kita juga bisa melihat perkebunan buah naga, serta perkebunan tanaman lain yang ragamnya begitu banyak, termasuk aneka sayur mayur. Selain aneka tanaman, di BBG juga ada peternakan sapi yang jumlahnya banyak sekali.

Susu-susu yang diperas dari sapi-sapi itu pun bisa kita nikmati langsung di sini, dan itu gratis!yang hobi memancing pun bisa menyalurkannya pada sebuah kolam. .Wah, luar biasa bukan? Di tengah alam Pulau Bangka yang porak poranda karena pertambangan timah, ternyata ada kawasan asri nan hijau di antaranya. Sekarang, Anda pun bisa menikmatinya.

Bangka Botanical Garden terletak di Pangkal Pinang, sebelah kiri sebelum pintu masuk Pantai Pasir Padi. Jangan khawatir, tidak ada tiket masuk di sini alias gratissss....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar