Jumat, 27 Maret 2015

Pulau Pasir Belitung




Pulau Pasir sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola. Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan pasir putih yang halus, khas Belitung. Pada saat air surut, pulau ini disinggahi oleh setiap wisatawan yang melakukan perjalanan island hopping dengan perahu nelayan. Pemandangan di sekitarnya bagus sekali karena lokasi pulau terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain seperti pulau Kepayang, pulau Babi, pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar. Jarak terdekat adalah ke pulau Kepayang yang hanya dipisahkan oleh air laut setinggi pinggang pada saat laut surut.
Jika anda berkunjung ke pulau Pasir, ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Jangan segan untuk menyeburkan diri ke laut di sisi Utara pulau pasir. Airnya jernih dan dangkal dan di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas. Lihatlah ke dasar laut, anda akan menemukan binatang spesial penghuni pulau pasir. Mereka adalah bintang laut merah besar. Bintang laut ini banyak sekali tersebar di perairan sekitar pulau pasir. Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama makhluk-makhluk unik ini. Penting ! Harap jaga kelestarian alam.

perhatian : DILARANG MEMBAWA  
BINTANG LAUT KE LAUR TEMPAT INI.
MAU TAU KENAPA ?

Jika anda mengambil bintang laut untuk berfoto, harap jangan dibiarkan di udara terlalu lama agar binatang ini tidak mati. Segera kembalikan bintang laut ke air setelah anda berfoto. Bintang laut ini tidak menggigit dan tidak juga mengeluarkan racun.
Anda juga harus memperhatikan keselamatan. Di sisi Selatan pulau arus laut cendrung deras, meskipun laut cukup dangkal. Jadi tidak disarankan untuk mencari bintang laut di sisi Selatan pulau pasir. Harap selalu gunakan jaket pelampung pada saat menceburkan diri ke laut, seandainya anda tertarik arus, anda tetap akan aman. HAPPY WEEKEND.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar